News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Dansektor 19 Dan Dandim 0604/Karawang Sidak Pabrik Di Warungbambu

Dansektor 19 Dan Dandim 0604/Karawang Sidak Pabrik Di Warungbambu

Wartapasundan.id - KARAWANG,- Komandan Sektor Satgas Citarum Harum Sektor 19, Kolonel Chb Widodo bersama Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Pasiter Dim 0604/Karawang, Kapten Arh Ramin Nurmansyah, Batih Sektor 19, Serma Supriyanto, Bamin Sektor 19, Serka Roni Heryana dan para Anggota Satgas Citarum Sektor 19 lakukan sidak ke perusahaan yang diduga pembuang limbah ke sungai citarum, Rabu (12/08/20).

Sidak dilakukan guna memastikan perusahaan - perusahaan yang mana saja yang dengan sengaja membuamg air limbahnya tanpa melalui proses sterilisasi terlebih dahulu.

Seperti yang dikatakan oleh Kadis DLHK Kabupaten Karawang dimedia on line beberapa waktu yang lalu, bahwa hasil dari uji sample air sungai citarum mengandung limbah industri dari puluhan pabrik di wilayah Karawang.

Atas dasar tersebut Dansektor 19 bersama Dandim 0604/Karawang melakukan sidak guna memastikan perusahaan mana saja yang terbukti membuang limbahnya ke sungai citarum tanpa diolah terlebih dahulu.

Sidak pertama dilakukan di PT Tenang Jaya Sejahtera yang beralamat di Desa Warung Bambu, Kecamatan Karawang Timur, disana ditemukan ada tumpukan tanah yang ternyata didalamnya terdapat karung yang berisikan oli bekas.

Namun ketika hendak dikonfirmasi tidak ada yang bisa ditemui dari pihak PT Tenang Jaya Sejahtera, hanya ada seorang security yang tampak gugup ketika ditanyai oleh Dansektor 19 dan Dandim.

Perusahaan kedua yang disidak adalah PT Adyawinsa Stamping Indonesia yang kebetulan lokasinya bersampingan dengan PT Tenang Jaya Sejahtera.

Tidak menunggu lama, Dansektor dan rombongan langsung ke titik pengolahan air limbahnya dan kemudian mengambil sample air limbahnya untuk kemudian dilakukan pengujian.

Di PT Adyawinsa Stamping Indonesia, Dansektor pun memeriksa saluran pembuangan air limbahnya dan juga mengambil sample airnya di pembuangan tersebut untuk diuji lab.

Pada intinya hari ini kami dari Satgas Citarum Harum Sektor 19 sudah melakukan pengecekan ke perusahaan - perusahaan yang masuk wilayah kerja sektor 19 yang diduga membuang air limbahnya ke sungai citarum.

Kita tunggu nanti hasil cek lab nya, jika ternyata benar kedua perusahaan tersebut terbukti membuang limbahnya tanpa diolah terlebih dahulu dan hasilnya melebihi baku mutu akan kami tindak tegas, terang Dansektor.

Senada dengan Dansektor 19, Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo menegaskan, Kodim 0604/Karawang siap bersinergi dengan Satgas Citarum Harum, mari kita jaga bersama sungai citarum dari pencemaran, singkatnya. (Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar