News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Kang Uyan Dilaporkan,Askun :"Semua Situasi Jangan Dipolitisasi"

Kang Uyan Dilaporkan,Askun :"Semua Situasi Jangan Dipolitisasi"

Karawang,Wartapasundan.Id
Kamis (22/10/2020)

Pasca dilaporkan nya Kiyai Ahmad Ruhiyat Hasbi hampir memicu situasi panas suhu perpolitikan menjelang Pilkada Karawang, karena sang pelapor ternyata berasal dari kubu salah satu pasangan calon. Hal itu dikatakan pengamat politik sekaligus pengacara Kondang Asep Agustian ketika disowani dikantornya pada Kamis siang (22/10/2020).

Kiyai Ahmad Ruhiyat Hasbi atau yang kerap disapa Kang Uyan yang merupakan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Karawang, dilaporkan tim pemenangan paslon nomor urut 2 dengan dugaan fitnah terhadap Pasangan Calon Cellica-Aep. Paslon tersebut, dituduhkan Kang Uyan. Telah membagikan bantuan ke beberapa pesantren untuk mendulang suara di Pilkada mendatang, hal itu diketahui merupakan pesan dari Kang Uyan melalui WhatsApp grup PCNU, Kendati demikian justru reaksi tersebut memicu situasi panas perpolitikan di Karawang.

Asep Agustian atau yang akrab disapa Kang Askun justru menganggap hal ini merupakan tindakan yang salah, "Harus dipertimbangkan dahulu Siapa yang menjadi tertuduh bahasa konsep hukumnya bukan hukum itu dibawa kerana provokasi hukum itu berdiri sendiri tanpa sebab tumpang tindih," ujar Kang Askun kepada awak media.


Ia berpendapat bahwa seharusnya yang melaporkan adalah orang yang tertuduh, bukan orang lain. "kalau memang betul-betul beneran kepada pribadinya, oke silakan yang melaporkan itu adalah orang yang dituduhkan. Itu konstruksi hukum, apabila memang ada yang mau melaporkan itu adalah harus dia (orang yang dituduhkan) yang memberikan kuasa terhadap pengacara nya." paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Kang Uyan adalah sosok Ulama yang berpengaruh, "Jama'ah nya banyak, coba bayangkan jika warga NU atau jama'ahnya tidak terima atas dilaporkan nya Kang Uyan apa yang akan terjadi?." tanya Askun.

Kang Askun memaparkan jika dalam situasi politik seperti saat ini, semua hal jangan di politisir. "Kalau saya sendiri tidak akan langsung main lapor, kita lihat dulu Kang Uyan siapa, dan akibatnya seperti apa. Kasian Kang Uyan yang terjebak dalam situasi politik, saya berbicara disini bukan sebagai kuasa hukum pasangan calon. Tapi saya berbicara saat ini sebagai pengamat politik," tandasnya.

Ia juga berharap bahwa situasi seperti ini harus bisa diredam. "Kepada pengacara yang melaporkan, jadilah pengacara yang bijak, jadilah pengacara yang memberikan solusi. Begitupun kepada pihak-pihak yang dilaporkan harus bisa menghadapi masalah dengan baik-baik, hampir 70 persen masyarakat Karawang adalah warga NU, tidak baik jika persoalan ini menjadi konsumsi publik." tutupnya.(Van)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar