News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Karang Taruna Desa Cintalanggeng Gelar Bakti Normalisasi Sungai Cacaban

Karang Taruna Desa Cintalanggeng Gelar Bakti Normalisasi Sungai Cacaban


Karawang,Wartapasundan.Id
Rabu (11/11/2020)

Antisipasi menghadapi dampak buruk musim penghujan, Karang Taruna Desa Cintalanggeng Kecamatan Tegalwaru, Karawang gelar giat bakti normalisasi Sungai Cacaban. Seperti terlihat pada Rabu pagi (11/11/2020) anggota Karang Taruna dibantu warga sekitar tengah sibuk dengan cangkulnya masing-masing.

Normalisasi Sungai yang melintasi empat Desa tersebut dirasa penting karena dampak yang ditimbulkan akibat pendangkalan sungai berimbas pada lahan pertanian warga, seperti dikatakan Giri Tornado Ketua Karang Taruna Cintalanggeng, ia menjelaskan bahwa normalisasi bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan sungai, "Kami lakukan normalisasi sungai Cacaban ini sepanjang 750 meter, karena kalau musim penghujan tiba, air dari sungai ini meluap membanjiri sawah warga," ucap Giri ketika diwawancarai awak media.

"Sungai ini kan melintasi Desa Cintawargi, Cintalanggeng, Kutalanggeng hingga Kutamaneuh. Jika terjadi hujan lebat, tidak hanya membanjiri lahan sawah  di dekat aliran sungai yang baru ditanami, bahkan bisa mencapai pemukiman hingga memasuki dapur rumah warga." tandasnya sembari menunjukan dasar dan bibir sungai.

Selain dinormalisasi Giri menerangkan bahwa pihaknya akan menggelar giat bakti susur sungai Cacaban untuk membersihkan sampah disekitar aliran sungai, "Program normalisasi ini merupakan agenda Pemerintah Desa Cintalanggeng melalui Dinas PUPR, namun kami ikut membantu pekerjaan ini agar bisa dikerjakan lebih cepat dan maksimal," ucap Giri.


Dirinya juga berharap agar normalisasi sungai ini bermanfaat untuk masyarakat luas, ia juga berpesan agar masyarakat bisa memelihara dan menjaga, "Sederhananya,  masyarakat harus bisa menjaga dengan tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai, jika sungainya bersih dan mengalir dengan baik. Manfaatnya juga untuk masyarakat baik untuk keperluan air sehari-hari dan pengairan sawah." tutupnya.
(Van)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar