News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Polres Karawang Amankan Aksi Penipu Jual Beli Online Dengan Ancaman 4 Tahun Penjara

Polres Karawang Amankan Aksi Penipu Jual Beli Online Dengan Ancaman 4 Tahun Penjara

Karawang -  Wartapasundan.Id
Selasa,24 Nopember 2020

Satuan Reskrim Polres Karawang mengungkap dan mengamankan kasus penipuan Online sebagai penjual Smartphoene dan dari aksi kejahatan penipuan itu meraup Puluhan Juta rupiah.

Kapolres Karawang Polda Jabar AKBP Rama Samtama Putra S.I.K.M.H. M.Si yang diwakili Wakapolres Karawang Polda Jabar Kompol Ahmad Faisal Pasaribu S.I.K.M.H. didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Oliesth Ageng Wicaksono S.I.K. Kasubag Humas Iptu Abdul Wahab SH.,menggelar konferensi pers dugaan tindak pidana penipuan dalam transaksi disitus Jual beli online,di Mapolres Karawang, Selasa (24/11/2020).

Wakapolres Karawang Kompol Ahmad Faisal Pasaribu Dalam konferensi pres menuturkan pihaknya menangkap YTW yang diketahui sudah dua tahun mengelabui sejumlah warga di Jawa Barat, termasuk Karawang.

"Aksi penipuan ini berlangsung di sebuah marketplace. Tersangka membuat akun dan menjajakan ponsel mewah," kata Faisal 

Wakapolres menuturkan, dari dalam kamarnya,pelaku kerap memancing para korbannya dengan foto ponsel iPhone 8 yang dijual di bawah harga pasaran dengan bermodal satu unit komputer lengkap dengan jaringan internet, ia kemudian mengunggah foto smartphone itu dengan mencantumkan harga Rp 3 juta.

"Korban-korbannya tergiur karena harganya murah,ditambah diskon besar, padahal itu hanya jebakan,setelah korban mentransfer uang, pelaku tidak mengirim ponsel tersebut," tutur Faisal.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksana menambahkan, selama beraksi, YTW meraup uang puluhan juta dari para korbannya.

"Untuk menghilangkan jejak, pelaku kerap mengganti kartu SIM card ponselnya. Kami temukan delapan kartu ponsel yang pernah ia gunakan," kata Oliestha.

Akibat perbuatannya,pelaku terancam hukuman 4 tahun penjara karena melakukan perbuatan yang disangkakan dalam Pasal 378 KUHP.(Hend-Ltf)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar