News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Siap Kembangkan Black Soldier Fly,Si Pengurai Sampah Bernilai Rupiah

Siap Kembangkan Black Soldier Fly,Si Pengurai Sampah Bernilai Rupiah

Karawang,Wartapasundan.Id
Senin,09 Nopember 2020

Pemerintah Kelurahan Karangpawitan terus berupaya untuk mengurangi sampah,  baik sampah organik maupun anorganik. Salah satu upayanya, adalah melakukan budidaya maggot atau larva lalat tentara hitam atau black soldier fly (BSF) bisa Juga disebut belatung sampah.

Rencananya maggot akan jadi program unggulan di kelurahan Karang Pawitan.Tujuannya,mengurangi sampah organik serta menciptakan nilai ekonomis bagi masyarakat,BSF mengurai sampah jadi nilai rupiah.Hal itu diungkapkan H.Haris Suhendi S.E Sekretaris kelurahan Karang pawitan kecamatan Karawang Barat,Senin (09/11/2020).

"Kita berencana maggot akan jadi program unggulan,nantinya kita akan bekerja sama dengan tenaga ahli dari Green Day dengan tujuan mengelola dan mengurangi sampah serta menciptakan nilai ekonomis masyarakat,"ungkapnya.

Pihaknya melakukan sosialiasi setiap rapat minggon dan melakukan kunjungan dilapangan untuk membudidayakan maggot dan berencana mentargetkan untuk membuat pengolahan sampah satu unit perlingkungan.

"Kami lakukan sosialisasi kepada RT dan RW di Karangpawitan untuk membudidayakan maggot untuk bisa mengatasi sampah menjadi banyak manfaat.Selain itu kami berencana mentargetkan perlingkungan atau setiap RW dengan satu unit pengolahan sampah denganmetode budidaya maggot",tandasnya.

Lebih lanjut,ia mengatakan kegiatan pengelolaan sampah dengan metode maggot dapat disinergikan dengan budidaya perikanan serta dapat dimanfaatkan menjadi pakan ikan seperti lele, nila, bahkan pakan unggas dan bisa juga dipasarkan.

"Sampah organik dikelola sedemikian rupa untuk dijadikan bahan makanan maggot,sehingga pada usia tertentu maggot dapat dipanen bisa untuk makanan ikan, unggas bahkan bisa juga dipasarkan yang bernilai ekonomis,"ujarnya

Ia pun berharap dengan terciptanya budidaya maggot,"Kita bisa berdayakan masyarakat, khususnya para remaja dan karang taruna untuk mendongkrak tarap hidup ekonomi masyarakat kelurahan Karangpawitan,"harapnya.
(Hend11)

Dalam hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Melalui riwayat Abu Hurairah, beliau menyabdakan, “Jika lalat jatuh di minuman salah seorang dari kalian, maka benamkanlah lalat tersebut, kemudian angkat kembali.Sebab, dalam salah satu sayapnya ada penyakit, sedangkan pada sayap lainnya terdapat obatnya.”

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar