News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kemana? Kok,Oknum Demokrasi Diciduk Sama LSM Di Karawang

Bawaslu Kemana? Kok,Oknum Demokrasi Diciduk Sama LSM Di Karawang

KARAWANG- Wartapasundan.Id

Demokrasi di Karawang diciderai dengan Pembagian uang cendol,pertanyaannya Bawaslu Kemana?,malah LSM yang ciduk Oknum Demokrasi Di perhelatan pilkada Karawang.

Pencidukan terduga pelaku penyebar uang cendol rupanya tidak dilakukan oleh Bawaslu Karawang yang merupakan lembaga resmi negara yang mengawal demokrasi, namun dilakukan oleh anggota LSM Laskar NKRI dan LSM GMBI yang juga relawan Paslon Nomor Urut 3 Jimmy-Yusni. Para terduga pelaku penyebar uang cendol ini saat diciduk diduga menyebarkan uang cendol dari Paslon Nomor Urut 2 Cellica-Aep.

Salah satunya adalah oknum warga yang bernama Endang Haryono yang berdomisili di Rt 07 rw 02 Krjaan II Desa Cibalongsari Kecamatan Klari. Endang Haryono diciduk anggota LSM Laskar NKRI saat hendak membagikan diduga uang cendol dari Palson Cellica-Aep kepada warga.

"Saya Endang Haryono telah menyebarkan uang sebesar Rp.25 ribu sebanyak 200 amplop untuk masyarakat agar mencoblos paslon 02," ujar Endang saat diciduk Relawan Jimmy-Yusni.

Endang mengakui bahwa uang cendol yang dibawanya berasal Bapak Haji Asun yang diduga merupakan anak buah Calon Wakil Bupati Nomor Urut 2 Haji Aep Saepulloh.

Warga Desa Cibalongsari lainnya yang ikut terciduk mengaku menyesali perbuatannya dan meminta agar Paslon Cellica-Aep didiskualifikasi KPU karena telah melakukan politik uang secara massif.

"Saya menyesal telah menyebarkan uang Rp.25 ribu dari paslon 02. Saya berharap paslon 02 didiskualifikasi," pungkasnya. (red)

Inilah Tugas Bawaslu

Tugas Bawaslu Kabupaten sesuai dengan Pasal 101 UU Nomor 7 tahun 2017 antara lain :
a. Melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kabupaten/kota terhadap pelanggaran .pemilu dan sengketa proses pemilu.
b. Mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kabupaten/kota,

c. Mencegah terjadinya praktik politik uang di wilayah kabupaten/kota,

d. Mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini,

e. Mengawasi pelaksanaan putusan/keputusan di wilayah kabupaten/kota,

f. Mengelola, memelihara, dan merawat arsip serta melaksankan penyusutan berdasarkan jadwal retensi arsip sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,

g. Mengawasi pelaksanaan sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kabupaten/kota,

h. Mengevaluasi pengawasan Pemilu di wilayah kabupaten/kota; dan
i. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar