News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Disdukcapil: Bagi Pendatang Luar Daerah Wajib Rapid Tes

Disdukcapil: Bagi Pendatang Luar Daerah Wajib Rapid Tes

Karawang,Wartapasundan.Id
Menjelang akhir tahun 2020, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil)  Kabupaten Karawang, Jawa Barat,  mencatat ada pengurangan pendatang dari luar daerah atau provinsi dimasa pandemi corona saat ini.

Menurut data Disdukcatpil Kabupaten Karawang, per 16 Desember 2020, pendatang dari luar daerah atau provinsi pada tahun 2019 sebanyak 28.265 jiwa, sedangkan pada tahun 2020 baru 16.053 jiwa. 

"Data dari Capil,  yang pindah pada tahun 2019 sebanyak 21.675 jiwa dan pada tahun 2020 baru sekitar 16.397 jiwa," kata Sumingan selaku Kasi Pindah, Datang dan Pendataan Penduduk, Disdukcatpil Kabupaten Karawang. (Kamis) 17/12).

Disampaikannya, dimasa pandemi corona saat ini, yang datang dari luar daerah diwajibkan untuk melakukan rapid test. Hal itu setelah adanya surat edaran dari Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Nomor : 440/3042/Disdukcatpil Tentang Pelayanan Adminduk Dimasa pandemi Covid-19.

"Yang datang wajib melakukan rapid test dan membawa hasil rapid test ke Disdukcatpil Kabupaten Karawang,  agar ada bukti bahwa yang pindah tersebut sehat dan tidak ada gejala Covid-19,"papar Sumingan.

Sementara itu, kata Sumingan, dari data Disdukcatpil Kabupaten Karawang,  wilayah terbanyak kedatangan warga dari luar daerah pada akhir tahun 2020 ini yakni Kecamatan Klari, dengan total 2.273 jiwa. 

"Karena di Kecamatan Klari banyak juga pemukiman atau perumahan, serta ada pabrik - pabrik, kebanyakan warga luar daerah pindah ke Karawang untuk mencari pekerjaan,"terang Sumingan. (Ade). 




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar