News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Saat Kunjungi Karawang Gubernur Jabar Apresiasi Atas Program Jejak Setapak PEP Subang

Saat Kunjungi Karawang Gubernur Jabar Apresiasi Atas Program Jejak Setapak PEP Subang

Karawang,Wartapasundan.Id
Upaya mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19 sebagaimana yang dianjurkan pemerintah tentu memerlukan upaya dari berbagai pihak, termasuk perusahaan. Bagi PT. Pertamina EP Asset 3 Subang Field (PEP Subang), upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 telah digerakkan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Kegiatan TJSL PEP Subang dilakukan tidak hanya menyasar dalam bidang kesehatan, hal ini lantaran Covid-19 juga memunculkan beragam dinamika dan permasalahan sosial seperti perekonomian dan ketahanan pangan.

Melalui program Jejak Setapak (Jerih Kerja Karawang, Semangat Petani Sehat Ketahanan Pangan Meningkat) PEP Subang menginisiasi program TJSL pertanian organik dan juga demplot akuaponik di Kelurahan Plawad, Kabupaten Karawang.

Hal tersebut menunjukkan dampak yang positif, program Jejak Setapak mendapat kunjungan dari Gubernur bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat saat ditinjau pada Jumat (29/01/2021).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan apresiasi secara langsung kepada ketua kelompok program Jejak Setapak. Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa dirinya berharap program ini bisa terus dikembangkan dan diterapkan di daerah-daerah lainnya, khususnya Kabupaten Karawang. 

Program Jejak Setapak mulai digiatkan sejak tahun 2019 dengan melihat potensi pertanian padi organik di Kelurahan Plawad. Tahun 2020 pertanian padi organik dikembangkan dengan sistem akuaponik, guna memberikan kesempatan usaha bagi generasi muda yang memiliki keterbatasan khususnya dalam hal kepemilikan lahan dan juga keilmuan di bidang pertanian.

Melalui sinergi PEP Subang bersama dengan Pemerintah Kelurahan Plawad dan juga Karang Taruna Bhakti Remaja, kegiatan akuaponik memberikan hasil yang positif, tidak hanya memberikan lapangan usaha, namun juga meningkatkan perekonomian, kewirahusahaan, kemampuan, hingga regenerasi bagi pelaku pertanian yang kini didominasi oleh kalangan senior. Hal tersebut selaras dengan yang diungkapkan oleh Hendra Wijaya, “Adanya kunjungan ini menunjukkan program Pertamina EP Subang Field, telah berkontribusi di masyarakat khususnya _support_ untuk berwirausaha bagi pemuda Plawad. Harapannya, program ini bisa terus dipertahankan bahkan dikembangkan lebih masif, dan bisa jadi _pilot project_ yang bisa direplikasi khususnya oleh rekan pemuda dalam rangka regenerasi petani.”

Secara terpisah, Field Manager PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field, Djudjuwanto, mengungkapkan bahwa pihaknya mengharapkan program CSR yang digiatkan di Desa Plawad terus dapat berkembang hingga kemandirian. "Program Jejak Setapak kami kembangkan dengan cita-cita agar masyarakat dapat memperoleh peningkatan baik dalam hal perekonomian hingga kapasitas sumber daya manusia. Oleh karena itu dalam program Jejak Setapak, kami juga menempatkan pendamping lapangan agar betul-betul dapat membantu kelompok sehari-hari dalam menjalankan usahanya. Harapannya tentu masyarakat dapat mandiri dan terus mengembangkan usahanya di masa mendatang," pungkas Djudjuwanto.(red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar