News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

2 Televisi Tersambar Petir,Mang Oding Lupa Cabut Kabel Antena

2 Televisi Tersambar Petir,Mang Oding Lupa Cabut Kabel Antena

Karawang,wartapasundan.id
Hujan deras dibarengi petir pada 18 Februari 2021 sore tadi, mengakibatkan 2 TV mati punya warga di dusun Panyalin Banyu Desa Cadas Kertajaya kecamatan Telagasari kabupaten Karawang, tersambar petir.

Pemilik TV, Oding (40) beruntung masih selamat dan televisi milik Mang Oding mati akibat sambaran petir yang terjadi sekitar pukul 16.00 tadi.Diduga,sambaran itu berawal pada antena televisi yang dipasang menggunakan bambu.

Saat kejadian dia dan istrinya lupa mencabut kabel antena dan juga colokan televisinya.

“Saat Hujan dan dibarengi petir televisinya tidak dinyalakan, hanya saja tidak mencabut kabel antenanya,”kata Mg oding melalui pesan singkat Whats app.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban hanya 2 TV milik mang Oding rusak dan mati.(Hend)

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan TV di rumah Anda versi Rumahku :

Mencegah Rusak dengan Penetral

Listrik yang tidak stabil dapat terjadi kapan saja, apalagi dalam kondisi cuaca yang berpetir. Akibat listrik yang tidak stabil ini adalah pada voltasenya.

Voltase dengan tingkat yang terlalu rendah dan tinggi dapat membuat televisi Anda cepat rusak. Ketidakstabilan voltase dapat disiasati dengan memasang stabilizer atau penetral listrik pada TV Anda.

Jauhkan Televisi dari Kebocoran dan Kelembaban

Dua hal ini dapat menyebabkan televisi juga menjadi tidak tahan lama. Jika uap air menempel pada komponen televisi, maka akan dapat menyebabkan konsleting listrik saat TV dinyalakan.

Untuk mencegah hal ini, pastikan plafon yang berada tepat di atas TV Anda dalam kondisi yang baik, tidak bocor maupun tidak berair. Jauhkan juga letak TV dari benda-benda berair lain seperti akuarium ikan, karena uapnya juga dapat menjangkau televisi.

Mematikan Aliran Listrik TV

Kilatan petir mengandung muatan listrik yang dapat mengganggu kinerja TV Anda. Salah satu dampak yang paling ringan adalah sinyal TV yang menjadi lemah, sehingga akan membuat tampilan gambar TV Anda menjadi tidak jernih lagi.

Ada baiknya Anda tidak menyalakan TV pada cuaca berpetir, Anda juga harus mencabut kabel colokan TV dari colokan listrik yang ada, jika TV Anda tidak mempunyai fitur penangkal petir.

Memilih Antena Penangkal Petir

Menempatkan antena TV di luar memang akan membuat kejernihan TV Anda menjadi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan antena dalam rumah. Namun masalahnya ada pada saat cuaca sedang berpetir.

Jika antena Anda hanya antena biasa, maka besar kemungkinan antena tersebut akan disambar petir yang nantinya dapat menyambar TV karena kabel yang tersambung antara antena.sumber Rumahku.Com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar