News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

KKN UBP Kelurahan Plawad Mendorong UMKM Dan Upaya Peningkatan Objek Wisata Tegalan Yang Berpotensial Untuk Kemajuan Desa

KKN UBP Kelurahan Plawad Mendorong UMKM Dan Upaya Peningkatan Objek Wisata Tegalan Yang Berpotensial Untuk Kemajuan Desa


Karawang,Wartapasundan.id

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Kelurahan PLAWAD mendorong UMKM dan upaya peningkatan objek wisata TEGALAN yang berpotensial untuk kemajuan Desa.

Program yang dijalankan oleh KKN UBP di Kelurahan Plawad ialah UMKM yang bergerak dibidang pembuatan Rak bunga,kerupuk dan peningkatan objek wisata yang bernama “TEGALAN” serta yang terlibat dari kegiatan program tersebut ialah Mahasiswa KKN UBP Kelurahan Plawad,Karang Taruna Trisula Remaja serta para pelaku usaha,pada Minggu 18 juli 2021.

Kordinator Desa (KORDES) KKN UBP Ai Fajar mengatakan bahwa mahasiswa dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan dimasa pandemi baik dari segala aspek masyarakat, mulai dari UMKM hingga potensi desa yang terpendam.

“Pelaksanaan program KKN ini kami bukan hanya terfokus pada peningkatan UMKM dari pemasarannya juga peningkatan Objek Wisata, karena memang di kelurahan PLAWAD ada destinasi wisata yang bagus dan indah yang bernama “TEGALAN” dan team KKN membantu untuk penambahan objek wisata tersebut",ujar Fajar

Sambung ia,serta melakukan pengerjaan suatu pengisian atau penginputan data Profil Desa dan Kelurahan (PRODESKEL) untuk membantu pihak Perangkat Kelurahan.

"Rencana di minggu depan kami akan membagikan Masker dan HandSanitizer kepada masyarakat Plawad sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sesama”,ungkap Ai Fajar.

Sinta Maria Dewi,M.Pd selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN UBP Kelurahan Plawad menambahkan, Mahasiswa agar mampu membantu Pemerintah Desa setempat dan masyarakat untuk mengelaborasi maupun mengeksploitasi sumber daya alam yang ada di Kelurahan Plawad berdasarkan disiplin ilmu masing-masing.

Serta dapat membantu mengenai promosi Wisata Tegalan dan pengembangan atau pemasaran produk lokal seperti UMKM setempat,di antaranya membangun Website wisata Tegalan, melakukan branding produk serta merancang pemasaran digital produk Rak Bunga dan Kerupuk khas Kelurahan Plawad.

"Semoga kehadiran KKN UBP dapat membantu juga memberikan titik terang bagi persoalan yang sedang dihadapi masyarakat seperti saat Pandemi Covid ini. Oleh karenanya mahasiswa harus dapat terlibat aktif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam segi Perekonomian",tuturnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Bhakti Remaja Tomi Kurniawan berharap agar mahasiswa dapat menjadi mitra dalam penataan objek wisata di wilayanya dan memberikan pendampingan agar terciptanya wisata yang berbasis masyarakat agar dapat meningkatkan Ekonomi dan Pendidikan masyarakat.

"Kunjungan ini bermakna karena bagian dari ikhtiar kita untuk mengembangkan wisata demi terciptanya wisata berbasis ekonomi agar masyrakat bisa meningkatkan UMKM dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat" ucap Tomi.

Tomi Kurniawan berharap agar dinas terkait yang sudah beliau hubungi kiranya dapat membantu guna terwujudnya kelurahan plawad sebagai kelurahan Wisata.(red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar