News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Aksi Debus Seniman Sunda Kebal Dibor, Saat Demo Di DPR Tuntut Arteria Dahlan Di Pecat

Aksi Debus Seniman Sunda Kebal Dibor, Saat Demo Di DPR Tuntut Arteria Dahlan Di Pecat

Photo aksi pria perutnya di bor dengan mesin bor tangan di depan gedung DPR RI Jakarta minta Arteria Dahlan di pecat dan di proses hukum Kamis (27/01/22).(Rohendi)
JAKARTA-WARTAPASUNDAN.ID, Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Komunitas Budaya Jawa Barat dan Aliansi Sunda Karawang menggelar demo di depan gedung komplek MPR/DPR RI, Jakarta Pusat,Kamis (27/1/2022) lalu.
Mereka datang dari kalangan pekerja seni, aktivis, budayawan dan golongan masyarakat Sunda lainnya menuntut pemecatan dan memproeses anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan,karena dinilai telah melecehkan dan menghina budaya sunda.

Dalam aksi debus itu,seorang orang pria tampak melakukan aksi mengebor perutnya dengan mesin bor tangah,hanya saja dalam aksi berbahaya pria itu tidak mengalami luka-luka.

Anggota DPD RI Jawa Barat Dra Eni saat menemui pendemo  mengatakan, ini merupakan aksi dari warga jawa barat merasa tersinggung dengan ucapan Arteria Dahlan,karena bagi orang Sunda menghina bahasa sunda adalah sama seperti menghina ibu.

"Jadi orang sunda "hudang" membela bahasa "Indung" (ibu)karena bahasa sunda adalah bahasa ibu,dengan menghina bahasa sunda berarti menghina bahasa ibu,"kata Eni Sumarni.

Lebih lanjut Eni yang juga sebagai  anggota DPD RI yang non partai menerima aspirasi dari warga Jawa Barat untuk menyampaikan aspirasinya kepada MKD

"Hari ini saya diminta  menerima untuk disampaikan kepada MKD,karena situasinya  terbatas maka yang di luar ini juga ada beberapa yang belum menyampaikan aspirasinya secara tertulisnya,"kata Eni.

Mereka datang ke jakarta tepat pukul 10 pagi,mereka berasal dari kalangan pekerja seni, aktivis, budayawan dan golongan masyarakat Sunda lainnya untuk menuntut Arteria Dahlan dipecat sebagai anggota DPR RI.

Sementara Nace Permana koordinator Aliansi Sunda Karawang meminta kepada aparat penegak hukum penjarakakan Arteria Dahlan.

"Kami meminta aparat hukum harus memprosesnya  dan meminta MKD untuk  memecat Arteria Dahlan dari angggota DPR RI,"kata nace

Menurut √Ďace  ucapan Arteria Dahlan melukai urang sunda dan ini harus  dijadikan bahan kehati hatian bagi para pejabat lain untuk tidak mengeluarkan statmen sembarangan.

" ini murni aksi orang sunda, tidak bermuatan politik,tidak boleh ada yang menunggangi aksi ini,aksi ini tidak terkait politisasi,"kata Nace.

Nace,menjelaskan aksi ini bertujuan ke indipidu Arteria Dahlan agar dia dipecat bukan ke partainya,"Kita tidak mengejar kepentingan,kepentingan kita arteria Dahlan di pecat,"pungkasnya.

Massa aksi itu tergabung dalam Aliansi Komunitas Budaya Jawabarat yang berasal dari  Karawang,Cianjur,Garut,Bogor Depok,Bandung, Sumedang dan masyarakat sunda lainnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar